RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP
Satuan
Pendidikan : SD N PANDEAN LAMPER 05
Kelas
/ Semester : V/1
Tema
: 3 KERUKUNAN
DALAM BERMASYARAKAT
Sub
Tema : 1 HIDUP
RUKUN
Pembelajaran
Ke : 2
Alokasi
Waktu : 1x pertemuan (35 menit)
A.
KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3
Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus
searah.
BAHASA INDONESIA
3.3 Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor
impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3
Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi
antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
C. INDIKATOR
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA)
3.4.1 Mengidentifikasi
berbagai sumber listrik
3.4.2 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan
berbagai variasi.
4.3.1
Menggambar bagan rencana rangkaian seri dan paralel
BAHASA
INDONESIA
3.3.1
Menjelaskan
pengertian ekspor dan impor
4.3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur dalam iklan.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
pengamatan di rumah siswa dapat mengidentifikasi berbagai sumber listrik dengan
benar.
2.
Melalui
percobaan siswa dapat menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan berbagai
variasi dengan tepat.
3.
Melalui
pengamatan percobaan dan gambar siswa dapat menggambar bagan rencana rangkaian
seri dan parallel dengan benar.
4.
Melalui
demonstrasi guru siswa dapat menjelaskan pengertian ekspor dan impor dengan
benar
5.
Melalui
pengamatan siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan dengan tepat.
E.
MATERI
1.
Sumber
listrik dan rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
2.
Gambar
bagan rencana rangkaian seri dan parallel.
3.
Pengertian
ekspor dan impor
4.
Unsur-unsur
dalam iklan.
F.
PENDEKATAN
DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative learning
Teknik : Example Non Example
Metode
:
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi, Penugasan,
Experiment
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1. Guru
masuk ke kelas dan berdiri di depan kelas, dilanjutkan dengan mengajak siswa
menyiapkan kelas untuk berdo’a yang dipimpin oleh ketua kelas.
2. Guru
memberikan salam, menanyakan kabar siswa, dan melakukan presensi kelas.
3. Guru
melakukan apersepsi dan motivasi kepada siswa.
4. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
5. Guru
membuka pelajaran dengan mengajak siswa untuk mengingat dan melakukan
pengamatan melaui pengalamannya mengenai sumber listrik yang ada di rumahnya
masing-masing.
6. Guru
bertanya kepada siswa mengenai sumber listrik yang ada di rumahnya
masing-masing.
7. Siswa
mejawab pertanyaan dari guru.
8. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada
hari ini.
|
5 menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Guru
membagi siswa kedalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5
siswa.
2.
Siswa
membaca teks bacaan “Sumber Energi Listrik” yang ada di buku siswa dengan
membaca keras, siswa yang lain menyimak bacaan.
3.
Guru
menjelaskan mengenai teks bacaan tersebut.
4.
Guru menyuruh siswa
untuk mengidentifikasi kata-kata tidak baku dalam bacaan tersebut di atas
dengan cara menggaris bawahi.
5.
Siswa menuliskan
dalam tabel kata-kata tidak baku yang ditemukan dari bacaan.
6.
Siswa menuliskan
dalam tabel bentuk baku dari kata-kata tidak baku yang telah ditemukannya.
7.
Guru menyuruh siswa
untuk membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri mengenai rangkaian
listrik seri dan paralel.
8.
Siswa
memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan
dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
9.
Siswa
memahami kosakata yang tidak diketahui.
10. Siswa memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang
mereka dapatkan dari teks bacaan tentang pentingnya rangkaian aliran listrik
secara cermat dan teliti.
11. Guru menyuruh setiap kelompok untuk mengeluarkan alat-alat yang
mereka bawa untuk rangkaian seri dan paralel.
12. Guru menjelaskan tentang alat, bahan, dan cara kerja mengenai
rangkaian listrik seri dan paralel.
13. Siswa mencoba membuat listrik seri dan paralel sesuai dengan
petunjuk guru dan buku siswa.
14. Siswa membuat tabel yang menjelaskan rangkaian listrik seri dan
paralel sesuai dengan hasil pengamatan selama percobaan.
15. Siswa mempersentasikan hasil percobaannya di depan kelas.
16. Siswa lain mendengarkan presentasi masing-masing perwakilan
kelompok.
17. Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
18. Guru menjelaskan mengenai materi tentang pengertian eksport dan
import pada siswa.
19. Guru dengan media cetak menunjukkan salah satu contoh iklan
kepada siswa.
20. Guru menjelaskan unsur-unsur yang ada pada iklan.
21. Siswa mengamati,memahami, dan mencatat penjelasan materi pembelajaran dari guru.
22. Siswa mengerjakan soal mengenai pengertian impor dan ekspor
dalam kotak pada buku siswa.
|
20 menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Siswa melakukan
perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.
Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.
Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban
mereka.
4.
Siswa diberikan
kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.
Guru memberikan PR
mengenai manfaat dari rangkaian listrik seri dan paralel dalam kehidupan
sehari-hari.
6.
Guru menyampaikan
pesan moral hari ini dengan bijak.
7.
Salam dan do’a
penutup.
|
10 menit
|
H. ALAT DAN SUMBER
BELAJAR
1. Buku Pedoman
Guru Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2. Buku siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3. Gambar tentang
rangkaian seri dan paralel,
serta media cetak berupa iklan.
4. Media untuk contoh rangkaian
listrik dan iklan.
5. Batrai,
bolam, kabel, kardus bekas, saklar.
I.
PENILAIAN
Format penilaian :
a.
Penilaian
kelas : sikap,
disiplin, kerja sama
b.
Penilaian
pengetahuan : tes tertulis
c.
Penilaian
ketrampilan :
a.
Format
penilaian kelas
No.
|
Nama
|
Sikap
|
Disiplin
|
Kerja sama
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
b.
Penilaian
pengetahuan
1.
Sebutkan
dan jelaskan jenis rangkaian listrik yang anda ketahui?
2.
Apa
sifat-sifat dari setiap jenis rangkaian listrik? Coba, sebutkan.
3.
Berikan
masing-masing contoh rangkaian listrik seri dan paralel!
c.
Penilaian ketrampilan
Format penilaian ketrampilan
NO.
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
|||
Bentuk
rangkaian
|
Kerapian
media
|
Keberhasilan
nyala lampu
|
Kekompakan
kelompok
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar