Selasa, 20 Januari 2015

RPP IPA kelompok 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan      : SD N PANDEAN LAMPER 05
Kelas / Semester          : V/1
Tema                           : 3 KERUKUNAN DALAM BERMASYARAKAT
Sub Tema                    : 1 HIDUP RUKUN 
Pembelajaran Ke         : 2
Alokasi Waktu            : 1x pertemuan (35 menit)
A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR 
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan membuat rangkaian seri dan parallel menggunakan sumber arus searah.



BAHASA INDONESIA
3.3  Menguraikan isi teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3 Menyajikan teks paparan iklan tentang ekspor impor sebagai kegiatan ekonomi antarbangsa secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.    INDIKATOR
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
3.4.1 Mengidentifikasi berbagai sumber listrik
3.4.2 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
                        4.3.1 Menggambar bagan rencana rangkaian seri dan paralel
BAHASA INDONESIA
3.3.1        Menjelaskan pengertian ekspor dan impor
4.3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan.
             
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.                Melalui pengamatan di rumah siswa dapat mengidentifikasi berbagai sumber listrik dengan benar.
2.                Melalui percobaan siswa dapat menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi dengan tepat.
3.                Melalui pengamatan percobaan dan gambar siswa dapat menggambar bagan rencana rangkaian seri dan parallel dengan benar.
4.                Melalui demonstrasi guru siswa dapat menjelaskan pengertian ekspor dan impor dengan benar
5.                Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur dalam iklan dengan tepat.




E.     MATERI
1.    Sumber listrik dan rangkaian listrik sederhana dengan berbagai variasi.
2.    Gambar bagan rencana rangkaian seri dan parallel.
3.    Pengertian ekspor dan impor
4.    Unsur-unsur dalam iklan.
F.     PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi, Penugasan,
  Experiment
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru masuk ke kelas dan berdiri di depan kelas, dilanjutkan dengan mengajak siswa menyiapkan kelas untuk berdo’a yang dipimpin oleh ketua kelas.
2.      Guru memberikan salam, menanyakan kabar siswa, dan melakukan presensi kelas.
3.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi kepada siswa.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
5.      Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa untuk mengingat dan melakukan pengamatan melaui pengalamannya mengenai sumber listrik yang ada di rumahnya masing-masing.
6.      Guru bertanya kepada siswa mengenai sumber listrik yang ada di rumahnya masing-masing.
7.      Siswa mejawab pertanyaan dari guru.
8.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai pada hari ini.
5 menit
Kegiatan inti
1.      Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 siswa.
2.      Siswa membaca teks bacaan “Sumber Energi Listrik” yang ada di buku siswa dengan membaca keras, siswa yang lain menyimak bacaan.
3.      Guru menjelaskan mengenai teks bacaan tersebut.
4.      Guru menyuruh siswa untuk mengidentifikasi kata-kata tidak baku dalam bacaan tersebut di atas dengan cara menggaris bawahi.
5.      Siswa menuliskan dalam tabel kata-kata tidak baku yang ditemukan dari bacaan.
6.      Siswa menuliskan dalam tabel bentuk baku dari kata-kata tidak baku yang telah ditemukannya.
7.      Guru menyuruh siswa untuk membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri mengenai rangkaian listrik seri dan paralel.
8.      Siswa memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti.
9.      Siswa memahami kosakata yang tidak diketahui.
10.  Siswa memperhatikan gambar dan informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan tentang pentingnya rangkaian aliran listrik secara cermat dan teliti.
11.  Guru menyuruh setiap kelompok untuk mengeluarkan alat-alat yang mereka bawa untuk rangkaian seri dan paralel.
12.  Guru menjelaskan tentang alat, bahan, dan cara kerja mengenai rangkaian listrik seri dan paralel.
13.  Siswa mencoba membuat listrik seri dan paralel sesuai dengan petunjuk guru dan buku siswa.
14.  Siswa membuat tabel yang menjelaskan rangkaian listrik seri dan paralel sesuai dengan hasil pengamatan selama percobaan.
15.  Siswa mempersentasikan hasil percobaannya di depan kelas.
16.  Siswa lain mendengarkan presentasi masing-masing perwakilan kelompok.
17.  Siswa membaca teks bacaan di buku siswa secara mandiri.
18.  Guru menjelaskan mengenai materi tentang pengertian eksport dan import pada siswa.
19.  Guru dengan media cetak menunjukkan salah satu contoh iklan kepada siswa.
20.  Guru menjelaskan unsur-unsur yang ada pada iklan.
21.  Siswa mengamati,memahami, dan mencatat  penjelasan materi pembelajaran dari guru.
22.  Siswa mengerjakan soal mengenai pengertian impor dan ekspor dalam kotak pada buku siswa.
20 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini.
2.      Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
3.      Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
4.      Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
5.      Guru memberikan PR mengenai manfaat dari rangkaian listrik seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari.
6.      Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
7.      Salam dan do’a penutup.
10 menit


H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Buku siswa Tema 3 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3.      Gambar  tentang  rangkaian seri dan paralel, serta media cetak berupa iklan.
4.      Media untuk contoh rangkaian listrik dan iklan.
5.      Batrai, bolam, kabel, kardus bekas, saklar.

I.          PENILAIAN
Format penilaian :
a.      Penilaian kelas                       : sikap, disiplin, kerja sama
b.      Penilaian pengetahuan         : tes tertulis
c.       Penilaian ketrampilan           :
a.      Format penilaian kelas
No.
Nama
Sikap
Disiplin
Kerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













3













4













5













6













7













8













Keterangan:

b.      Penilaian pengetahuan
1.      Sebutkan dan jelaskan jenis rangkaian listrik yang anda ketahui?
2.      Apa sifat-sifat dari setiap jenis rangkaian listrik? Coba, sebutkan.
3.      Berikan masing-masing contoh rangkaian listrik seri dan paralel!
c.       Penilaian ketrampilan
Format penilaian ketrampilan
NO.
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
Bentuk rangkaian
Kerapian media
Keberhasilan nyala lampu
Kekompakan kelompok
1.





2.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar